www.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.wswww.bigoo.ws

Selasa, 28 April 2009

Tikus Adalah makanan favoritku



Sumber gambar : http://unik77.blogspot.com
Sumber Gambar : http://taunggaksihloe.blogspot.com





Tikuss.....!!

hmm siapa tidak tahu tikus ,semua orang tahu binatang yang kecil itu , suka dibilang pengerat dan sangat menjijikkan . Tapi tidak dengan diriku. Tikus adalah makanan favoritku ...Ouu ouuu ...!!jangan ada yang muntah yaa hehehe ..hehe sebelumnya aku punya pengalaman dengan teman teman yang kuceritakan tentang makanan kesukaanku ,rasanya kalau kulanjutkan mereka akan memukulku dengan sandal sambil meneriakkan kalau aku manusia super jorok ,aneh bin ajaib ..
Waktu kecil aku sempat tinggal di kebunku ,,ayah punya kebun yang lumayan luas namun cukup jauh dari kampung ..kurang lebih 4 jam perjalanan ..waahh ,,!! kebayang gak siee jauhnya ??
Lama bersama ayah dikebun membuatku jadi menyenangi makanan makanan binatang yang ditangkap ayahku .
Ular , biawak , kodok , babi hutan ,anjing ,dan juga tikus menjadi menu santapan sehari hari .bahkan kucing juga monyet ...duhh tambah muntah lagi yaa ??!!! ( Untuk teman teman Muslim maaf sebesar besarnya yaaa heeheheh :) )
Nah dari semua itu yang paling kugemari adalah tikus .
Tikus buatku adalah jenis ikan yang paling lezat .,.((oya jangan sampai salah pengertian ,di menado apapun binatang yang dimakan kalau sudah masak namanya jadi ikan .Misalnya tikus ,jadinya ikan tikuss ,,walapun tikus bukanlah ikan ,,wkwkkwkwkwkwk :D ya tidak tahu juga istilah ini muncul darimana tapi memang sudah menjadi kebiasaan dan budaya masyarakat Menado .

Orang menado pemakan segalanya ....ada yang bilang semua yang berkaki di makan kecuali kaki meja ,semua yang bersayap dimakan kecuali sayap pesawat ,,!!! hikss hiksksksksss = ngakak made on =....!!! Kalo batu itu gak keras, kayaknya da jadi santapan jugaaa deh ...!!
eN ' kalo seandainya manusia diijinkan Tuhan bisa dimakan sama mungkin sudah dimakan juga kaliiiiii ...hikss hiksss :)
Sereeem yaaaa orang menadoo..!!!! But aku menado juga jadi apakah aku sereeem ?? tidak koq malah banyak yang bilang aku manisss ..padahal bukan gulaa :)

Oya back to topic .. = TIKUS =

Nah tikus yang biasa dimakan bukanlah tikus tikus selokan jalanan seperti yang biasa kita saksikan ..melainkan adalah tikus sawah yang ditangkap oleh para ahlinya ..tidak gampang lho,,,nangkap tikuss !! Biasanya para bapak bapak di kampung suka memasang alat tanggapannya yang biasa di sebut leputt ..( maaf gak ada dokumentasinya :) ntar kalo dapat aku upload :) udah menelusuri paman google tapi gak ketemu juagaaa !! )
Leput itu biasanya terbuat dari bambu berbentuk panjang seukuran gelas orang dewasa ,dan di dalamnya diletakkan kelapa yang sudah dipotong potong Ada tali yang menghubungakan alat itu .Ketika sang tikus masuk dan memakan kelapa didalamnya maka ia sudah pasti tak bisa lolos lagi karena leput akan bergerak dan tali akan lepas serta akan menghimpit tubuhnya ,,,duhh jadi kasian >..!!! :( Leput biasanya di pasang di hutan ditempat yang berbeda beda sesuai dengan perkiraan para penangkapnya bahwa tikus banyak beredar diwilayah itu .Leput dilepaskan saat matahari mulai beranjak keperaduan . Untuk mengecek hasilnya biasanyan nanti keesokkan harinya sebelum matahari bersinar .
Tergantung berapa banyak leput yang kita pasang ,,6 ,7,8, ,9 ..yang pasti di mana kita meletakkan alatnya kita mesti ingat benar tempat dan lokasinya .Biasanya yang kusaksikan dari ayahku ,7 buah leput yang dilepas minimal dapat 4 ekor .3 nya kosong dan umpan kelapa di yang ada di dalamnya malah bersemut .

Nah setelah hasil tanggkapan sudah ada ,,kita tinggal membawanya pulang kerumah dan memasaknya ..
hooo..proses memasaknya juga cukup mudah ...tapi untuk yang sudah ahli yaa ,,seperti aku ..hikss hikss maaf sedikit narsies ...ya aku tahu banget ,soalnya dulu papa pernah ngajarin .Jadi saat tikus masih mentah dan segar ,kita keluarkan isi perutnya dan tidak harus dicuci .Ambil sebatang kayu yang beruncing yang memang kita sudah siapkan sejak awal seperti kita membuat sate ,hanya saja jenis kayu yang disiapkan harus sedikit lebih besar sesuai dengan besar kecilnya tikus hasil tangkapan kita .
Setelah ditusuk seperti sate kita bisa langsung membakarnya pada api yang menyala ,,bukan memanggang tapi membakar menghanguskan bulu bulanya sampai semua bulu bulu lenyap dan daging tikus kering ,masak , dan berwarna hitam kemerah merahan ..Kalau proses sudah itu sudah selesai kita bisa langsung mencuci dan memotongnya ..
untuk jenis masakan semua tergantung selera .
Mau tumis ,santan , woku ,,,semuanya bisaa ,end enakkkk,,,!! asal jangan sop tikus aja ..pasti rasanya akan aneh karena aku sendiri belum pernah mendengar ada tikus dibikin sop dan juga belum pernah mencobanya .

Masih soal tikus ....Tikus dimenado cukup mahal ,satu ekor bisa sampai 5,000 rupiah.Dulu waktu masih di jakarta pernah kepikiran konyol olehku ,apa aku tangkep aja tikus tikus selokan ini dan membawanya kemenado en di jual di pasar ..kwkwkwkww :D Aku tertawa sendiri membayangkan hal itu..

Sekarang aku masih jauh diperantauan ...kalo kembali ke menado yang lebih dulu aku cari adalah ikan tikussss ....I love It ...!!!

Jadi lapeerrrr........!!!
hikss hisks
:)

2 komentar:

BALINESE GUIDE mengatakan...

kamu emang bcantik and manis walaupun bukan gula tetapi diriku sedikit ngeri jangan jangan udah sempat maem manusia? (hehehehe cuma becanda... jangan dianggap serius tapi kalo mau yang serius di beda alam aja!!wkwkwkwkwkwk) salam kenal dari orang bali yang juga sring ke sulawesi (tepatnya pernah tinggal di toli- toli, kota raya, maengko, palu, poso, gorontalo, tentena, wah kayaknya udah semua selama 2 tahun)

by the way, kalo maen ke bali contact aku ya or liat blog jelekku di www.balineseguide.com

Thanks,
I Nyoman Andika Putra
(Temoen)

Tuama mengatakan...

mana depe resep dang?? wkwk..